Selamat Datang!

Sejarah Berdirinya Madin PAMABA



 
Madrasah Diniyah Pamaba merupakan pengembangan dari keberadaan Taman Pendidikan Al-Quran Pamaba yang didirikan pada tanggal 8 Agustus 1988 oleh Takmir Masjid Baitul Amin Mundu Catur Tunggal Depok Sleman D.I. Yogyakarta.
Sejak didirikannya sampai dengan tahun 2000 an TPA Pamaba telah mampu menjadi solusi dari permasalahan kurangnya masyarakat di Dusun Mundu yang bisa membaca al-Quran. Namun selaras dengan perkembangan zaman sistim pembelajaran TPA Pamaba yang konsentrasi pembelajarannya menitikberatkan pada kemampuan masyarakat dalam membaca al-Quran dirasa tidak mampu lagi untuk menjawab permasalahan masyarakat yang semakin komplek. Bahkan anak-anak selepas lulus dari Sekolah Dasar sudah tidak mau lagi berangkat mengaji ke TPA, salah satu alasan yang sering muncul adalah mereka malu karena sudah merasa “besar” dan tidak sedikit pula yang mengatakan “wah buat apa, ngajinya cuma iqra sama Quran terus, bosen!.
Memperhatikan permasalahan yang dihadapi tersebut, dan beberapa masukan baik dari takmir masjid, wali santri maupun para alim serta beberapa diskusi sesama pendidik baik yang berasal dari TPA Pamaba maupun dari TPA lain, ditambah lagi dengan berhasilnya program semi Madrasah Diniyah yang diterapkan sejak awal tahun 2011 (terlihat dari meningkatnya kehadiran dan antusias santri), maka terlahir pemikiran dan niat untuk mendirikan Madrasah Diniyah yang diharapkan dapat menjawab permasalahan yang ada. Oleh karena itu pada tanggal 12 Agustus 2012 dibentuklah Madrasah Diniyah Pamaba oleh Takmir Masjid Baitul Amin. Dan alhamdulillah, saat ini dengan doa dan dukungan semua pihak, Madrasah Diniyah Pamaba dengan sistim dan pengelolaan yang terukur dan terstruktur dapat diterima oleh masyarakat Mundu khususnya dan masyarakat sekitar.
Share this post :

Poskan Komentar

 
Support : Copyright © 2015. Madrasah Diniyah Takmiliyah PAMABA - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger